.
Selamat datang kepada para pengunjung في كا إس كلنتن PKS juga ada di Kelantan loh.....

Isnin, 20 Februari 2012

Mukhoyyam Al-Qur'an 1 PIP PKS Malaysia (Al-Qur'an Camp)

"Apakah dalam hidup ini kita lebih sibuk daripada Rasulullah dan para sahabat sehingga tidak mempunyai waktu untuk Al-Qur'an?"
Pertanyaan ini dikemukakan oleh Al-Ustadz Abdul Aziz Abdul Rauf al-Hafiz di bagian awal taujih beliau pada Mukhoyam Al-Quran I yang diselenggarakan PIP PKS Malaysia pada 17-19 Februari 2012 bertempat di Masjid Al-Ghufran, Damansara. Beliau menggambarkan bahwa saat ini umat Islam sudah sangat jauh meninggalkan Al-Quran. Jangankan mentadabburi, membacanya saja terkadang sudah tidak sempat lagi lantaran 'kesibukan' sehari-hari. Padahal, Rasulullah dan para sahabat senantiasa berinteraksi secara intensif dengan kitab suci ini di sepanjang kehidupan mereka. Hal ini karena pada hakikatnya, kunci kesuksesan, kemenangan dan kebahagiaan hidup tersimpan di dalam kitab suci tersebut. Didasari oleh semangat meningkatkan interaksi kader dengan Al-Quran inilah maka kegiatan mukhoyam ini dilaksanakan.
Ustadz Abdul Aziz menjelaskan bahwa untuk membangun kedekatan dengan Al-Quran diperlukan kesabaran dan istiqomah (ishthibar atautashabbur) karena penghalang dan godaannya tidak sedikit, baik yang berasal dari faktor internal (jiwa yang malas dan lemah) maupun eksternal (syaithan dan lingkungan yang tidak kondusif). Namun dengan niat ikhlas karena Allah, usaha terus menerus, dan banyak berdoa insya Allah kedekatan itu akan tercipta hingga pada satu titik tertentu, semua kesulitan dalam perjuangan membangun kebersamaan dengan Al-Quran itu akan berubah menjadi kenikmatan. Bahkan, beliau tambahkan, hal tersebut akan menciptakan efek 'ketagihan' yang positif dimana orang tersebut akan merasa ada yang kurang atau hilang jika satu hari saja tidak berinteraksi dengan Al-Quran dan berusaha untuk menambah intensitas interaksinya dari waktu ke waktu.

ust_Abd_Aziz_AR_1pesertapeserta_2

Dalam mukhoyam selama 3 hari tersebut, setiap peserta dituntut mengkhatamkan Al-Qur'an sebanyak satu kali dan menyetorkan hapalan mereka sebagaimana yang ditentukan kepada para musyrif dan musyrifah. Tidak mengherankan, jika pada umumnya para peserta hanya tidur kurang dari 2 jam sehari. Meskipun demikian, mereka tetap bersemangat dan ceria hingga menuntaskan kegiatan ini di hari terakhir. Rangkaian taujih, tilawah, qiyamullail, dan tahfiz selama kegiatan ini betul-betul memberikan tambahan spirit ruhiyah dan motivasi kepada para peserta untuk semakin meningkatkan hapalan.

Al Mukarrom Ustadz Abdul Aziz Abdul Rauf al-Hafiz

source: http://pks-malaysia.org/

0 ulasan:

Catat Ulasan

 

KABAR PKS KELANTAN

PKS KELANTAN UNTUK INDONESIA

INSPIRASI